DaerahHead Line NewsPolitik & Pemerintahan

Bupati Mas Ipin Serahkan Hadiah Juara Kontes Durian pada Gerakan Pangan Murah di Desa Karanganom

Trenggalek, megapos.co.id – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin meminta adanya identifikasi terhadap berbagai jenis durian yang ada di Kabupaten Trenggalek, terlebih di pohon-pohon yang sudah berusia tua beserta ciri-cirinya.

Hal itu disampaikannya usai menyerahkan hadiah kepada juara Kontes Durian saat Gerakan Pangan Murah (GMP) yang digelar di Desa Karanganom Kecamatan Durenan, Senin (26/6/2023).

“Durian itu ternyata indikasinya kalau pohonnya makin tua, itu biasanya kualitasnya makin bagus, dan terbukti dari beberapa juara itu usia pohonnya sudah sampai 70 tahun, sudah sekian tahun,” jelas Mas Ipin.

“Dan di Trenggalek kan terkenal duriannya enak-enak karena memang duriannya ini tumbuh di hutan dan usianya bahkan ada yang ratusan tahun,” sambungnya.

Dengan identifikasi tersebut, diharapkan semakin meyakinkan para pembeli bahwa durian yang dibeli adalah memang durian yang juara. Sehingga tentu diharapkan tidak ada pembeli yang merasa tertipu.

Beberapa jenis durian unggulan dari Trenggalek sendiri telah tercatat di Kementerian Pertanian RI, seperti di antaranya adalah Durian Ripto dan Kunir Jiman.

“Makanya juga yang ingin kita catatkan nanti yang memang benar-benar sudah terbukti panenan satu, panenan dua, panenan tiga bagus, terus kemudian kita coba top working-kan, terus juga pembibitannya seperti apa,” ucap Mas Ipin.

.

“Kalau memang hasilnya konsisten bagus baru kita betul-betul pastikan bahwa ini varietas unggul,” lanjutnya.

“Kalau Ripto itu kan sudah terbukti konsisten bagus, jadi disambung pucuk, kemudian ditanam bibitnya di beberapa tempat itu hasilnya konsisten dengan rasa yang hampir sama, nah itu akhirnya sudah keluar indikasi varietas unggulan dari Kementerian Pertanian,” pungkas Mas Ipin. (Sdr/Kom)