DaerahHead Line NewsMagetanPolitik & Pemerintahan

Desa Randugede Bangun Tempat Wisata Baru Lembah Serimpi Randugede

Magetan, megapos.co.id – Sebagai upaya pengembangan pembangunan desa, melalui Dana Desa (DD) tahap awal tahun 2024 ini, Pemerintah Desa Randugede Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan bangun Tempat Wisata Lembah Serimpi.

Kepala Desa (Kades) Randugede, Kunzani Widaya, SPt mengatakan, pembangunan tempat wisata Lembah Serimpi saat ini dalam masa pembangunan dengan menelan anggaran sebesar Rp 400 juta.

“Pembangunan tersebut dibiayai dari anggaran dari DD sebesar Rp. 100 juta untuk tahun 2023 dan untuk tahun 2024 Rp 300 juta,” terangnya,¬†Jumat (22/3/2024).

Jadi, kata Kades Kunzani, keseluruhan anggaran dari DD tersebut, untuk membangun kolam renang dan fasilitas lain seperti saung-saung, loket, kamar mandi , joglo dan sebagainya.

“Hal ini bertujuan untuk memberikan tempat hiburan atau wisata bagi masyarakat desa Randugede dan sekitarnya serta sekaligus membantu kelancaran perekonomian masyarakat di wilayah tersebut,” urainya.¬†

“Harapan saya yang jelas dari semua pembangunan tersebut, nantinya bisa memberi manfaat dan tempat wisata masyarakat sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar, terutama yang ada di wilayah desa Randugede, “imbuhnya.

Diakui Kunzani, wisata Lembah Serimpi Randugede ini merupakan program Bumdes Randualas Desa Randugede.

“Karena saat itu Kerjasama Bumdes dan pihak ketiga sudah berakhir oleh sebab itu Bumdes melanjutkan program baru yaitu Wisata Lembah Serimpi,” tandasnya.

Untuk pendanaan, lanjut Kunzani, ada swadaya dari masyarakat dan dana dari desa untuk SHU BUMDES atau Sisa Hasil Usaha akan dibagikan kepada BUMDES, pemegang Saham (masyarakat ) dan desa sebagai PAD.

“InsyaAllah lebaran nanti, kita buka atau opening dan untuk liburan sekolah tahun ini sekitar bulan Juni kita bisa launching,” tutupnya. ( Supari)