DaerahHead Line NewsPendidikan

Reaksi MAN 4 Jombang Terkait Informasi Penahanan Ijazah Siswa

Jombang, megapos.co.id – Adanya komentar di akun media sosial Youtube adanya penahanan ijazah di Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jombang memantik reaksi pihak sekolah.

Wakil Kepala (Waka) Sarpras MAN 4 Jombang Ahmad Badawi saat ditemui media ini mengatakan, bahwa MAN 4 Jombang tidak pernah melakukan penahanan ijazah.

Bahkan dia meminta kepada wali murid atau siswa apabila ada persoalan administrasi yang belum selesai diharapkan langsung datang ke sekolah.

“Kalau penahanan ijazah itu tidak ada. Kalau ada permasalahan terkait administrasi langsung datang ke Madrasah, langsung clear,” kata Ahmad Badawi saat diwawancarai pada hari Senin (3/6/2024) pagi.

Dia membenarkan ada ijazah yang belum diambil baik lulusan baru maupun lulusan sebelumnya.

“Tahun kemarin masih ada beberapa yang belum diambil, faktornya ada yang jauh,” ujar dia.

Namun dia mengatakan jika kemarin memang ada siswa yang terkendala biaya, setelah datang ke Madrasah persoalan itu langsung clear dan tidak dilakukan penahanan ijazah oleh pihak sekolah.

“Setelah datang ya tidak ada masalah dan clear, mereka seperti segan,” ungkapnya.

Selain administrasi, ada beberapa yang menjadi alasan siswa atau wali murid sungkan mengambil ijazah, salah satunya adanya tugas akhir yang belum selesai.

“Di MAN 4 Jombang ada yang namanya tugas akhir hafalan ibadah siswa atau praktik ibadah siswa, kadang-kadang anak-anak itu ada yang belum tuntas, mangkanya mereka sungkan untuk mengambil,” pungkasnya. (Nu)