DaerahHead Line NewsKediriPolitik & Pemerintahan

Kirab Maskot, KPU Kabupaten Kediri Sosialisasikan Pilkada 2024

Kediri, megapos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menyelenggarakan Kirab Maskot Pilkada 2024, menghadirkan dua maskot andalan, Si Jalih dan Si Nara, pada Selasa (24/9/2024)

Kegiatan ini menjadi salah satu upaya KPU untuk mensosialisasikan Pilkada 2024 secara kreatif, serta mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam pemilu mendatang.

Kirab dimulai dari kantor KPU Kabupaten Kediri, dengan rute yang melewati berbagai ruas jalan utama di kota. Acara ini diikuti oleh masyarakat, relawan, dan komunitas peduli pemilu.

Si Jalih, yang melambangkan kejujuran, dan Si Nara, simbol keterbukaan, mencuri perhatian warga sepanjang acara.

Maskot tersebut mewakili nilai-nilai penting dalam Pilkada 2024, yakni penyelenggaraan yang jujur, adil, dan transparan.

Dalam kesempatannya, Ketua KPU Kabupaten, Nanang Qosim Kediri mengatakan, bahwa kirab ini lebih dari sekadar seremonial.

“Melalui Si Jalih dan Si Nara, kami ingin menegaskan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam Pilkada yang transparan dan demokratis,” ujarnya.

Selain kirab, menurut Nanang Qosim, KPU Kediri juga melaksanakan program sosialisasi lain seperti edukasi pemilih pemula, kampanye door-to-door, dan pemanfaatan media sosial.

“Harapannya, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Kediri pada Pilkada 2024 akan meningkat,” tandasnya.

Simpang Lima Gumul menjadi saksi serah terima Kirab Maskot Pilkada Jawa Timur, “Si Jalih”, dari KPU Kota Kediri kepada KPU Kabupaten Kediri.

Acara ini dihadiri Penjabat Bupati Kediri, Forkopimda, dan jajaran KPU Provinsi dan Kabupaten Kediri.

“Kirab ini bertujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada pemilih sehingga partisipasi masyarakat dalam Pilkada semakin tinggi,” jelas Nanang.

Ia menambahkan bahwa mulai 25 hingga 27 September, maskot Si Nara akan dikirab ke 26 kecamatan di Kediri, disertai kegiatan sosialisasi di setiap wilayah.

Acara semakin meriah dengan hadirnya kesenian tradisional seperti Jaranan, Reog, dan Barongan, yang menarik perhatian warga.

“Kami berharap Pilkada 2024 berjalan aman dan damai, serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan bijak,” ujar Nanang.

Kampanye Pilkada serentak akan dimulai pada 25 September hingga 23 November 2024, dan KPU Kediri mengimbau seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menentukan masa depan daerah. (Mur)