DaerahHead Line NewsNganjukPendidikanPolitik & Pemerintahan

Pererat Kekeluargaan, Cabdindik Wilayah Nganjuk Gelar Lomba Agustusan

Nganjuk, megapos.co.id – Bulan Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Betapa tidak, seluruh elemen masyarakat di seluruh penjuru tanah air berlomba-lomba mengadakan berbagai kegiatan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Salah satunya, Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk mengadakan kegiatan berbagai lomba agustusan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Selasa (15/8/2023) di halaman kantor Cabdindik Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk.

Kepala Cabdindik Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk, Evi Dwi Widajanti mengatakan, pihaknya menggelar berbagai lomba agustusan, diantaranya senam bersama, lomba nyunggi tampah, karaoke, dan lomba tenis meja.

“Lomba diikuti oleh seluruh kepala SMA dan SMK baik negeri maupun swasta dan kepala PKLK se-Kabupaten Nganjuk,” terang Evi sapaan akrab Evi Dwi Widajanti.

Lomba nyunggi tampah turut memeriahkan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Selain itu, kata Evi, pihaknya juga mengadakan pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diikuti dari perwakilan Sekolah Penggerak angkatan 1, SMK negeri, SMA swasta, Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) dan SMK BLUD – SMK Pusat Keunggulan.

“Pameran ini berawal dari program Kurikulum Merdeka yang terdapat di dalamnya P5, dimana dari P5 dalam Kurikulum Merdeka yaitu menjadikan peserta didik yang unggul dan produktif. Jadi pameran ini merupakan karya atau produk kreatifitas siswa,” paparnya.

Masih menurut Evi, bahwa tahun 2023 ini, Cabdindik Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Nganjuk ini, baru pertama kali mengadakan kegiatan lomba untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI.

“Alhamdulilah, tahun ini, kita bersama-sama keluarga besar SMA, SMK dan PKLK bisa melaksanakan berbagai kegiatan,” kata Evi.

Dijelaskannya, selain untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, kegiatan ini digelar juga untuk mempererat kekeluargaan dan menjalin komunikasi antar kepala SMA, SMK dan PKLK se-Kabupaten Nganjuk.

“Semoga, dengan kegiatan ini, seluruh kepala SMA, SMK dan PKLK se-Kabupaten Nganjuk semakin kompak dan semakin solid untuk membawa kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Nganjuk,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi hadir bersama istri, Yuni Marhaen untuk memberikan semangat dan motivasi dalam membangun pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

Menurut bupati yang akrab disapa Kang Marhaen ini, Nganjuk itu filosofinya luar biasa yang berasal dari Anjuk Ladang. Anjuk artinya kemenangan dan ladang itu artinya tanah.

“Jadi, Anjuk Ladang itu tanah kemenangan. Hal ini berarti orang yang lahir dari Nganjuk artinya ia lahir dari tanah kemenangan,” tandasnya.

Karena itu, kata Kang Marhaen, masyarakat Nganjuk sebenarnya mempunyai DNA pemenang.

“DNA kita adalah DNA pemenang karena kita dilahirkan di bumi Anjuk Ladang yaitu tanah kemenangan,” imbuhnya.

Untuk itu, Kang Marhaen berpesan kepada setiap guru atau tenaga pendidik untuk selalu memberikan motivasi kepada anak didiknya agar berani bermimpi dan berani mencoba untuk mencapai kesuksesan.

“Jika ingin anak didik kita sukses, terus motivasi agar mereka berani bermimpi karena mimpi adalah cetak biru dari kenyataan,” ujar Kang Marhaen.
Selain itu, kata Kang Marhaen, anak-anak Nganjuk harus memiliki mental juara dan mental tangguh.
“Terus motivasi anak agar menjadi anak yang bermental juara dan bermental tangguh. Karena dengan memiliki mental juara akan mengantarkan anak didik kita kepada kesuksesan,” tukasnya.

Reporter : Jumiati