DaerahHead Line NewsPolitik & PemerintahanTulungagung

Desa Nglurup Laksanakan PKTD Pemeliharaan Saluran Irigasi Persawahan

Tulungagung, megapos.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung melakukan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun 2023, yang diwujudkan dalam kegiatan Pemeliharaan Saluran Irigasi Persawahan (PSIP) yang terletak di Dusun Nglurup RT 03 RW 01.

Kegiatan tersebut, dilakukan oleh aparat desa dan warga setempat yang dimulai Jumat (10/11/2023) sampai selesai.

Kegiatan ini dilakukan dengan membersikan saluran irigasi yang mengalir ke sawah, agar penyaluran air untuk tanaman padi bisa terjamin.

Kepala Desa (Kades) Nglurup, Suji mengatakan, bahwa diadakannya pemeliharaan irigasi tersebut  untuk menunjang dan memperlancar daerah aliran sungai pada saat musim penghujan.

“Kegiatan pemeliharaan irigasi di area persawahan Desa Nglurup yaitu untuk menunjang dan memperlancar daerah aliran sungai agar disaat musim penghujan, air tidak akan meluap di area garapan sawah lain yang telah dikerjakan oleh petani sawah, sehingga untuk penyalurannya pun bisa teratur dengan baik,” kata Suji di kantornya, Senin (13/11/2023).

Suji menambahkan, PKTD ini merupakan salah satu program prioritas Dana Desa (D) di tahun 2023.

Hal ini berdasarkan PDTT 13 Tahun 2022 tentang prioritas penggunaan DD salah satunya adalah Padat Karya Tunai Desa.

“Sehingga tujuan dilaksanakan PKTD ini, yaitu sebagai pemberdayaan masyarakat desa, yang bersifat produktif,” imbuhnya.

Terlihat antusiasme warga dalam pelaksanaan kegiatan PKTD. Pemerintah Desa Nglurup berterimakasih kepada masyarakat yang mendukung kegiatan ini, diharapkan dengan di laksanakan kegiatan ini selain menumbuhkan semangat gotong royong juga dapat menjalin silaturahmi antar warga. (adv/Sdr)