DaerahHead Line NewsNganjukPolitik & Pemerintahan

Musrenbang Daring 2020, Tetapkan Tiga Prioritas Pembangunan Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, megapos.co.id –Bupati Nganjuk, H Novi Rahman Hidayat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Daring Kabupaten Nganjuk tahun 2020 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di ruang kerja Bupati, Kamis (9/4/2020).

Bupati Novi mengatakan bahwa dalam Musrenbang tahun 2020 ini, Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengambil tema “Pembangunan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung pertumbuhan kemandirian ekonomi”.

“Sesuai dengan tema tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menetapkan tiga prioritas pembangunan Kabupaten Nganjuk yaitu pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul serta kemandirian ekonomi,” ungkap Mas Novi sapaan akrab Bupati Novi.

Peserta saat mengikuti Musrenbang Daring tahun 2020 di Planning Centre Bappeda Kabupaten Nganjuk

Untuk pembangunan infrastruktur, kata Mas Novi, pemkab memprioritaskan pada pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pembangunan gedung SD maupun SMP dan sebagainya. “Karena dengan pembangunan infrastruktur yang baik akan mendatangkan para investor masuk ke Kabupaten Nganjuk sehingga bisa mempercepat roda perekonomian masyarakat Nganjuk,” kata Mas Novi.

Dengan semakin banyaknya investor yang masuk ini, lanjutnya, menuntut sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, prioritas pembangunan yang kedua yaitu pembangunan SDM yang berkualitas dan unggul. Harapannya, untuk mendukung daya saing Kabupaten Nnganjuk yang semakin kuat dan hebat,” tandasnya.

Selanjutnya, kata Mas Novi, dengan pembangunan infrastruktur dan SDM yang berkualitas akan mendorong kemandirian ekonomi yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan Musrenbang ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan pembangunan.

Menurutnya, rencana kerja pemerintah daerah yang disusun berdasarkan kesepakatan hasil Musrenbang ini akan menjadi bahan bagi penyusunan kebijakan anggaran pada rancangan APBD Kabupaten Nganjuk tahun anggaran 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BAPPEDA Kabupaten Nganjuk, Drs Adam Muharto MSi mengatakan bahwa Musrenbang Daring ini diikuti 150 peserta terdiri dari instansi vertikal di kabupaten Nganjuk, organisasi perangkat daerah se kabupaten Nganjuk, anggota DPRD kabupaten Nganjuk, Camat beserta delegasi kecamatan, LSM, Ormas, organisasi profesi, organisasi pemuda, organisasi wanita, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

“Semua hadir di tempatnya masing-masing melalui video conference. Musrenbang Daring ini fungsinya sama, bedanya dilakukan terpisah melakukan video conference dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan,” ungkap Adam kepada wartawan.

Diakuinya, Musrenbang Daring terdapat keterbatasan untuk menyampaikan aspirasi. “Namun, kita antisipasi sebelumnya dengan berkirim surat kepada peserta Musrenbang untuk mengisi form usulan, apabila ada kesibukan, mereka bisa memasukan usulan atau masukan melalui form yang telah kita sediakan” pungkasnya.

Reporter : Jumiati